Senin, 09 Januari 2012

manusia dan pandangan hidup

Manusia dan pandangan hidup



Pandangan hidup dapat diklasifikasikan berdasarkan asalnya, yaitu terdiri dari 3 macam :
1.      Pandangan hidup berasal dari agama, pandangan hidup yang mutlak kebenarannya.
2.      Pandangan hidup yang berupa ideologi yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada suatu negara.
3.      Pandangan hidup hasil renungan, pandangan hidup yang relatif kebenarannya.

Manusia pasti memiliki pandangan hidup walau bagaimana pun bentuknya. Akan tetapi yang terpenting, kita seharusnya mempunyai langkah-langkah dalam berpandangan hidup karena dengan memiliki langkah-langkah dalam berpandangan hidup kita dapat menggunakannya sebagai sarana mencapai cita-cita dan tujuan yang baik.

Langkah-langkah berpandangan hidup yang baik :

a.       Mengenal
Mengenal merupakan suatu kodrat manusia yaitu merupakan tahap pertama dari setiap aktivitas hidupnya yang dalam hal ini mengenal apa itu pandangan hidup.

b.      Mengerti
Tahap kedua dalam berpandangan hidup yang baik adalah mengerti.

c.       Menghayati
Dengan menghayati pandangan hidup kita memperoleh gambaran yang tepat dan benar mengenai keabsahan pandangan hidup itu sendiri.

d.      Meyakini
Meyakini merupakan suatau hal untuk cenderung untuk memperoleh suatu kepastian sehingga dapat mencapai tujuan hidupnya.

e.       Mengabdi
Pengabdian merupakan suatu hal yang penting dalam menghayati dan meyakini sesuatu yang telah dibenarkan dan diterima baik oleh dirinya lebih dari orang lain.

f.       Mengamankan
Sudah  merupakan sifat manusia bahwa bila sudah megabdikan diri pada suatu pandangan hidup dan kemudian ada orang lain yang mengganggu atau menyalahkan tentu saja kita tidak terima dan bahkan cenderung mengadakan perlawanan.



Cita-Cita & Pandangan Hidup

Pandangan Hidup

Pengertian pandangan hidup adalah suatu hal yang dijadikan sebagai pedoman hidup. dimana seseorang menjalani hidupnya dengan aturan aturang yang dia buat untuk memjukan kehidupannya, pandangan hidup berasal dari agama,a) Pandangan hidup yang berasal dari agama, dan pengalaman hidup yang pernah di alai seseorang tersebut
orang yang memiliki pandangan hidup pasti memiliki tujuan, dan tujuan ini biasa di sebut cita cita.

cita cita adalah suatu harapan yang manusia inginkan akan terjadi di masa mendatang sesuai dengan keinginan manusia tersebut. mengapa cita cita merupakan suatu pandangan hidup? karena cita cita yang menggambarkan suatu pandangan hidup itu sendiri.
banyak faktor yang membuat kita gagal dalam melaksanakan cita cita, biasanya karena hambatan dari luar dan dari sendiri dimana manusia menyerah dalam menggapai cita citanya.

Menurut Ambar dwi ryanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar