Sumber Daya Ekonomi.
Sumber daya ekonomi adalah alat yang
digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang wujudnya berupa barang atau
jasa. Sumber daya ekonomi dibagi menjadi 4 macam, yaitu:
1. Sumber Daya Alam : Merupakan segala sesuatu yang
disediakan oleh alam. Contoh: air, tanah
2. Sumber Daya Manusia : Merupakan segala kegiatan
manusia baik fisik maupun rohani yang ditunjukkan untuk kegiatan produksi.
Contoh: Dokter, Direktu
3. Sumber Daya Kewirausahan : Merupakan semangat,
sikap, dan perilaku seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan ekonomi
sehingga bisa menghasilkan keuntungan. Contoh: Usaha roti
4. Sumber Daya Modal : Merupakan sumber daya yang
dibuat oleh manusia baik berupa uang maupun barang dan digunakan untuk membantu
kegiatan produksi. Contoh: Bahan baku, mixer, dll
Konsumen memiliki 3 sumber daya
utama dalam proses pertukaran yang mereka gunakan dan melalui proses ini
pemasar memberikan barang dan jasa, yaitu:
1. Sumber Daya Ekonomi
Potensi sumberdaya ekonomi atau lebih dikenal dengan
potensi ekonomi pada dasarnya dapat diartikan sebagai sesuatu atau segala
sesuatu sumberdaya yang dimiliki baik yang tergolong pada sumberdaya alam (natural
resources/endowment factors) maupun potensi sumberdaya manusia yang dapat
memberikan manfaat (benefit) serta dapat digunakan sebagai modal dasar
pembangunan (ekonomi) wilayahtingkat ketergantungan terhadap sumberdaya secara
struktural harus bisa dialihkan pada sumberdaya alam lain.
2. Sumber Daya Temproral / sementara
·
Waktu menjadi variabel yang semakin penting dalam
memahami perilaku konsumen
·
Karena konsumen ada suatu bagian waktu yang dihabiskan
untuk kegiatan yang sangat pribadi yaitu waktu senggang
·
Sumber daya kognitif produk yang diklasifikasikan
menurut sifat waktu konsumen disebut barang waktu ( time goods)
1. Barang yang menggunakan waktu : Produk yang
memerlukan pemakaian waktu dalam mengkonsumsinya, contoh menonton tv
2. Barang Penghemat Waktu : Produk yang menghemat
waktu memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa mereka. Contoh : Fast
food
3. Sumber Daya Kognitif : Merupakan kemampuan untuk
merepresentasikan dunia dan melakukan operasi logais dalam representasi konsep
yang berdasar pada kenyataan. Sumber daya kognitif menggambarkan kapasitas mental
yang tersedia untuk berbagai kegiatan pengolahan informasi.
Pengetahuan
Pengetahuan konsumen adalah semua
informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk serta
pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya
sebagai konsumen.
Pengetahuan Konsumen terbagi menjadi 3, yaitu:
1. Pengetahuan Produk
Merupakan kumbulan berbagai macam informasi mengenai
produk. Pengetahuan ini meliputi katagori produk, merek, terminologi produk,
atribut atau fitur produk, harga produkdan kepercayaan mengenai produk.
Jenis Pengetahuan Produk:
·
Pengetahuan tentang karakteristik atau atribut produk
·
Pengetahuan tentang manfaat produk
·
Pengetahuan tentang kepuasan yg diberikan produk
kepada konsumen
2. Pengetahuan Pembelian
Pengetahuan pembelian terdiri atas pengetahuan tentang
toko, lokasi produk di dalam toko dan penempatan produk yang sebenarnya di
dalam toko tersebut. Konsumen cenderung lebih senang mengunjungi toko yang
sudah dikenalnya untuk berbelanja, karena telah mengetahui dimana letak produk
di dalam toko tersebut.
Perilaku Membeli:
- Store Contact: Meliputi tindakan mencari outlet, pergi ke outlet dan memasuki outlet.
- Product Contact: Konsumen akan mencari lokasi produk, mengambil produk tersebut dan membawanya ke kasir.
- Transaction
Konsumen akan membayar produk
tersebut dengan tunai, kartu kredit, kartu debet atau alat pembayaran lainnya.
3. Pengetahuan Pemakaian
Suatu produk akan memberikan manfaat kepada konsumen
jika produk tersebut telah digunakan atau dikonsumsi. Agar produk tersebut bisa
memberikan manfaat yang maksimal dan kepuasan yang tinggi, maka konsumen harus
bisa menggunakan atau mengkonsumsi produk tersebut dengan benar.Produsen
berkewajiban untuk memberikan informasi yang cukup agar konsumen mengetahui
cara pemakaian suatu produk. Pengetahuan pemakaian suatu produk adalah penting
bagi konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar